Group yang membahas berbgai Topik menarik untuk dibahas

Friday 11 April 2014

Cara OCD dari pengalaman saya!

19:20 Posted by Unknown , , , , 25 comments
Karena banyak yang bertanya gimana sih caranya melakukan OCD, saya akan jelaskan secara mudah dengan bahasa saya. 


Jujur saya di E-Book yang saya download dari Master Corbuizer, tidak saya baca semuanya. saya cuma baca bagian caranya melakukan OCD dan beberapa baris kalimat lainnya dan Voila. OCD saya berhasil.

OCD yang saya lakukan juga saya sesuaikan dengan kemampuan tubuh saya.


Makanan yang kita makan akan menjadi Energi bagi tubuh. Dan Energi ini kita gunakan untuk beraktivitas. Mirip lah sama BBM di kendaraan bermotor. Namun apabila Energi itu tidak kita gunakan, maka tubuh kita akan mengubahnya menjadi Lemak sebagai cadangan makanan.

Nah! Singkatnya OCD membuat tubuh kita mengubah Cadangan Makanan berupa Lemak menjadi Energi kembali. Dan Energi yang masuk harus lebih kecil daripada yang keluar.

Bagaimana Caranya?

PUASA! Inti dari segala OCD adalah Puasa.

Kok bisa OCD disebut PUASA?

Cara melakukan OCD sangat mirip dengan puasa. Fase dalam puasa kan dalam sehari ada Saat Berbuka dan ada Saat Puasa. Nah Master Corbuizer membaginya menjadi 4. yaitu :

1. Puasa 16 jam - Berbuka 8 Jam

2. Puasa 18 jam - Berbuka 6 Jam

3. Puasa 20 jam - Berbuka 4 Jam

4. Puasa 24 Jam - Berbuka 1 kali

Lupakan Opsi pertama dan kedua karena efeknya sangat lamban, bahkan saya ragu apa efeknya bisa dirasakan. Tapi untuk opsi 3-4 bisa menjadikan saya seperti sekarang.


Maksud dari opsi diatas adalah, Jika kita sudah berpuasa 20 jam, maka kita bisa berbuka selama 4 jam. Contohnya jika anda memilih opsi nomer 3, maka anda bisa berpuasa dari Jam 10 malam dan setelah itu anda boleh berbuka pada jam 06 sore. Dari jam 06 sore anda bisa buka puasa sampai jam 10 malam lalu setelah tepat pukul 10 malam, anda harus berhenti makan untuk puasa lagi sampai esok jam 06 sore lagi.

Apakah tidak lapar dan haus?

Lapar? saya rasa tekad saya waktu itu yang mebuat saya bisa bertahan dari lapar. selain itu sensasi unik terjadi saat saya melakukan OCD. mungkin waktu pagi saya akan kelaparan, Tapi setelah beberapa saat lapar saya hilang itu karena saya rasa lemak di tubuh sudah diubah menjadi energi sehingga laparnya hanya sebentar saja.

Saat OCD/Puasa kita haus sih ya gampang. Minum aja bro!!! Kan OCD bukan puasa ramadhan atau puasa sunnah. kita boleh minum kok. Asal yang diminum tidak memiliki Kalori alias air putih atau air limun juga boleh.

Saat berbuka 4 Jam kita boleh makan sebanyak-banyaknya?

Gak boleh!  meskipun udah saat berbuka, tapi makannya gaboleh berlebihan. Kan udah jelas teorinya. Energi yang masuk harus lebih kecil dari yang keluar. Karena itu makan aja sekali pake porsi yang cukup dan boleh aja sih ngemil apa kek sekali juga. Makanannya terserah mau fast food atau apa. Pokoknya intinya jangan sampe KENYANG!

Maksudnya puasa 24 jam - berbuka sekali itu apa?

Ya itu kita puasa seharian dan berbukanya dalam satu hari itu cuman sekali. misal hari selasa anda memilih puasa 24 jam. maka dalam sehari itu anda boleh makan hanya satu kali saja. Udah. Tapi tetep jangan berlebihan makannya.

Gimana caranya kita tau OCD kita sukses?

Timbang aja itu berat badan. Normalnya sehari turun 1 KG.

Selama Diet OCD cuman puasa aja?

saya sih tiap sabtu minggu jogging, trus tiap hari barbelan 3 KG sampai 50 angkatan, trus Push Up dulu waktu masih gendut cuma 5x trus sekarang bisa 30x. Dulu juga di barengi Nge-Gym. Oiya, renang juga. :D

Pantangan selama kita OCD?

Pas berbuka/ BreakFasting gaboleh kekenyangan! kalo kekenyangan biasanya fatal! gagal itu OCD.

Berapa lama bisa kurus?

Saya sih gak ngejar kurus, tapi bentuk proposional. dulu berat badan saya 78 KG. Saya hitung berat idealnya 62.1, jadi saya kejar sampai berat saya segitu dan alhamdullilah tercapai. Waktunya sih kurang dari 4 bulan saya bisa turun 16 KG. itupun karena kadang saya melanggar aturan. Normalnya kan sehari turun max 1 KG. OCD kalo sukses pasti tiap hari berat badan turun kok.

Ada Tips biar sukses OCD?

Temukan hal yang bisa menginspirasi dan memotivasi dirimu.

Hal ini penting agar agan dan sista niat ngelakuin OCD nya. Hal yang menginspirasi saya:

1. Teman SMP yang pas SMA bisa kurus.

2. Timbang badan tiap hari.
pas selesai OCD saya selalu timbang. kalo turun nih berat badan kan saya seneng trus besoknya buat OCD lagi saya semangat lagi. :D

Udah itu aja OCD saya. semoga membantu agan dan sista.

Oh iya OCD diatas sudah di sesuaikan dengan kebutuhan tubuh saya. Jadi ya pas. kalo mau baca yang OCD universal download aja E-Booknya di readyforfit

Baca juga cerita saya pas OCD >>>klikDISINI<<< ada foto-foto saya pas before after OCD. :D

Thanks For Reading



25 comments:

  1. terima kasih sharing pengalamannya kak, sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  2. Kalo bagi jadwalnya kira-kira gimana ya ? Soalnya saya istirahatnya jam 10.30 pulangnya sekitar pukul 13.20
    Kalo di kantin itu banyak bget pilihan makannya, ada yg jual jus buah juga.. Ada sate, soto , bingung membagi waktunya sama menu makannya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ingin mengutamakan makan di kantin bisa pake jendela 4 jam. Dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang. Tapi diluar jam itu anda harus puasa makan selama 20 jam. silahkan makan apa saja tapi jangan berlebihan. berlebihan itu tidak baik.. :)

      Delete
  3. Kalo milih jedela makan 4 jam,,, dlm 4 jam tu boleh mkan 2 kali gk ya??apa cma sekali mkan,, trus sma ngemil??

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan makan banyak banyak.. secukupnya.. pokoknya kalau kekenyangan ya gagal.

      Delete
  4. Bro Kalo pas 4 jamnya boleh olahraga gk bro

    ReplyDelete
  5. Mau nanya nih, kalo jam buka puasanya itu harus konsisten tiap hri ya? Boleh ga kalo misalny senin saya buka puasa / mulai makan jam 7 malam trus besok nya Selasa saya makan ny jd jam 8 malam / 9 malam dan bsok ny lagi Rabu saya mulai makan lgi jam 7 malam.

    ReplyDelete
  6. Wah..semangat ya OCDnya, saya jg OCD dr berat awal 72 ke 49. Tapi ditempuh dlm waktu 1 tahun. Hahaha itu karena saya malas olahraga sama sekali. Eh palingan cuma squat aja 50 kali itupun kalau pas lagi semangat. Dan lagian sebenarnya menurut ahli diet yg sehat hanya bisa menurunkan 0.5-1kg per minggu. Jadi kalau turunnya tajam banget bisa bahaya karena ditakutkan berpengaruh dengan nutrisi tubuh dan bisa jadi yoyo (habis turun naik lagi). Lalu lamanya berat badan bisa turun tergantung juga dengan sistem metabolisme tubuh seseorang, karena setiap orang sistem metabolisme tubuhnya berbeda, ada yg cepat ada yg lambat. Kalau metabolismenya cepat ya lebih cepat turun begitu juga sebaliknya. Oh iya, nggak selamanya OCD berat badan turun terus, ada waktunya stuck. Stuck itu saat berat badan beratnya selalu sama tanpa ada perubahan padahal OCD dan latihan fisik jalan terus. Kalau lagi stuck jangan takut, badan juga ada fase jenuhnya masa iya mau turun terus. Menghadapi stuck ini yg diturunkan bukan jumlah makanan yg masuk tapi jumlah energi yg dikeluarkan harus lebih besar lagi artinya porsi latihan fisik ditambah. Halaaaahhh malah panjang deh ceritanya. Intinya tetep niat dan konsisten ya yg OCD semangat !!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. woow keren mbak...
      padahal aq sering putus asa pas stuck gituh..
      alhasil BB yg turun dg susah payah naek lagi..

      Delete
  7. Wah..semangat ya OCDnya, saya jg OCD dr berat awal 72 ke 49. Tapi ditempuh dlm waktu 1 tahun. Hahaha itu karena saya malas olahraga sama sekali. Eh palingan cuma squat aja 50 kali itupun kalau pas lagi semangat. Dan lagian sebenarnya menurut ahli diet yg sehat hanya bisa menurunkan 0.5-1kg per minggu. Jadi kalau turunnya tajam banget bisa bahaya karena ditakutkan berpengaruh dengan nutrisi tubuh dan bisa jadi yoyo (habis turun naik lagi). Lalu lamanya berat badan bisa turun tergantung juga dengan sistem metabolisme tubuh seseorang, karena setiap orang sistem metabolisme tubuhnya berbeda, ada yg cepat ada yg lambat. Kalau metabolismenya cepat ya lebih cepat turun begitu juga sebaliknya. Oh iya, nggak selamanya OCD berat badan turun terus, ada waktunya stuck. Stuck itu saat berat badan beratnya selalu sama tanpa ada perubahan padahal OCD dan latihan fisik jalan terus. Kalau lagi stuck jangan takut, badan juga ada fase jenuhnya masa iya mau turun terus. Menghadapi stuck ini yg diturunkan bukan jumlah makanan yg masuk tapi jumlah energi yg dikeluarkan harus lebih besar lagi artinya porsi latihan fisik ditambah. Halaaaahhh malah panjang deh ceritanya. Intinya tetep niat dan konsisten ya yg OCD semangat !!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman yang keren dari mbak Tary.. thanks ya udah sharing pengalamannya disini. :)

      Delete
  8. Kak kalau saya buka nya jam 12 makan sekali bebas lalu baru makan lg jam 6 tapi makannya hanya buah. Apa turunnya bakal lambat juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa tidak.. asal jangan berlebihan makan buahnya

      Delete
    2. Mau tanya donk..
      Saya ikut ocd udah skitar 1 bulan..
      Berat udah turun dati 86 kg ke 74 kg..
      Pi knpa ukuran perut saya masih sama aja....blum ada perubahan...
      Bisa kasih solusinya .....

      Delete
    3. perlu olah raga untuk mengencangkan otot perut..

      Delete
  9. Ka boleh tanya menu makanan kaka saat buka jendela makannya?? Sayur buah saja atau masih makan nasi?? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  10. Ka boleh tanya menu makanan kaka saat buka jendela makannya?? Sayur buah saja atau masih makan nasi?? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  11. Saya pernah coba pola ocd juga,coba puasa 39 jam dengan jendela makan 1 Jam. Bisa langsung turun 3 kg. itu sama dgn makan 2 hari sekali. Jalani pola ini bisa pangkas 10kg dalam 1 minggu. Aman, asalkan pas di jendela makan harus konsumsi karbo protein serat vit, ga perlu porsi gede yg penting lengkap. Karena biasanya setelah puasa diatas 30 jam lambung ga bisa nerima muatan yg bnyak jd jgn dipaksa. Banyakin air putih selama diluar jendela makan tapi ttap jgn berlebihan.

    ReplyDelete
  12. Aku 1 bulan kok cuma turun 2-3 kg aja ya:( trs kdg abis nimbang berat badan tbtb jadi naik sendiri itu knp:(

    ReplyDelete
  13. Baru baca tulisan ini. Aku mau coba ah. Tadinya sih 70.9 kg sehari ocd dg jendela makan 8 jam turun 68.9kg.
    Ini beneran kagak ya? Ragu sih apalagi suka ga komitmen diet. Haaa... lagi nyari cara biar bisa konsisten aja aku

    ReplyDelete
  14. Mantap yaa..pengen nyoba diet ocd..smga bs

    ReplyDelete
  15. Kak kalo aku jam makanya aku bkin sndiri itu satu hari hny boleh makan 1 jam..tiap sore olahraga..
    Tapi makanya sampe kenyang boleh ga kak?

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak anda dengan berkomentar sebagai apresiasi kepada penulis. :)